'relinkjdulx' href='"+relurls[D]+"' target='_top'>"+reljudul[D]+"";q+=""+relcuplikan[D]+"";q+="";document.write(q);r++;if(r==relmaxtampil){break}}if(D

[Making Of] Exterior 1 (Daylight)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo kawan2 semuanyo....whatsup klo bahasa kerennya...ahahaahh,
lama kita tak jumpa, dan lama pula saya ga bikin tutorial dimari, kasian juga sih ya blog nya sepi kaga keurus, tapi begimane lagi, jadi kuli itu memang menyita waktu, ahhaahah

wokeh, kali ini ane berkesempatan, mumpung senggang, ane bikin tutorial begimana caranye bikin renderan kaya gambar d bawah nie...
Begimane?? keren kaga??ahahhhaah
Okeh langsung aje ye ane jelasin step by stepnya ye....



| STEP 1 - Modeling |
Khusus buat modeling ane bikin pake program andalan ane, yap SketchUp yg udah ane lengkapi ama senjata tempur terkini tentunya...wkwkwkwk, itu juga coz ane kaga bisa modeling pake max langsung, jadi harap d maklumi....

Pertama bikin aja dulu gubahan masa kek gini...

bikin yg simple kek gini juga bisa.
trus, coba pilih angle atau view yg cakep menurut selera masing2, misal tak contohin kaya gambar di bawah nie:


trus juga jangan lupa buat scene baru, biar ntar ga berubah2 lagi view yg dah kita anggep cocok ntu, langkah selanjutnya detailin tu gubahan massa, kasihlah lubang pintu, lubang jendela, list dinding, penebalan kolom dan lain2 biar agak rame kaya gini:


nah udah mulai rame kan, udah lebih idup dari pada gubahan kosong sebelumnya, trus tamhahin dah pintu ama jendelanya, masa iya mo d biarin bolong begitu, ntar masuk angin yg di dalem,,haahhaha


sampe disini langsung aja kasih materialnya sekalian, biar keliatan ada progresnya,,,biar tambah semangat, sekalian tambahin tu detail2 d bangunannya,,,kaya tangga, pipa peralon, kanopi jendela dl:


dah mantep kan, boleh dah tambahin lagi aksesorisnya, kek AC, tong minyak, lembaran seng sebar sana sini biar keliatan idup, jangan lupa d rotate secara random, biar pengulangannya ga banyak banget, kan bagus tu biar keliatan lebih realistis, tapi ga mistis, wkwkwkwk

pasang juga kotak tempat sampah d pojokan biar ga kosong2 amat d bagian pojok, tambahin juga kabel2 yang sliweran di atas genteng, biar keliatan Indonesia banget...


gimane tuh???dah cakep lom,,,,kayaknya sih dah cakep banget tuh ya??hehehe

ane rasa kayaknya dah cukup tu modelingnya ampe sini, dah ampe sini aja dah istimewa, bagus klo mo nambahi pernak pernik di sana sini biar lebih makyus, tapi ane dah ga sabar pengin buru2 di render,,,hehehe, save filetype-nye jadi SKP 7 ya jangan lupa, biar bisa d import ama 3DSmax,

| STEP 2 - Importing |
buat yang belum tau caranya import dari SketchUp ke 3dSMax, boleh nih liat tutorial ane yang dolo:

ntar klo udah kita import ke 3DsMax, penampakannya bakal kaya gini:


begimane tuh?? jadi aneh kan, masi mendingan penampkan yang d SketchUp tadi yak???ahhahaha, kaga pa2, namanya juga masih mentah, masih sepet2 dikit, ntar klo dah mateng, diliat manis dah...heehhehe

 | STEP 3 - Adding more |

tau ga kelemahan SketchUp yg paling ane ga demen?? yup bener banet, buat komputer2 tingkat uzur, meng-handle objek hi-poly yang bejibun bakal bikin tu komputer kemot2. Makanya ane pake nie teknik yang namanya vray proxy, ini masi cuma ada di vray max, vray sketchUp belum punya mode beginian, pokoknya intinya dengan vray proxy, dalam satu file bisa meng-handle buanyak hi-poly object tanpa bikin tu komputer hosh2an...ahhahaha

kelamaan klo ane jelasin tutorialnya tu cara pake vray proxy, ntar kaga kelar2 ane bikin tutorialnya, apalagi ane dah nemu tempat yg asik buat belajar tu vray proxy, ada videonya pula,

nie yang mau belajar ane kasih linknya,,,,donlod aja tu 2 video d bawah ini, trus pelajari baek2...
tapi keknya harus daftar dolo, tapi tenang aja koq, 100% gratis, pokoknya apapun yg ada d blog ane bisa di dapetin secara gratis,,,,klo ga gratis ane juga emoh soalnya,ahahaha


Tutorial 1
Tutorial 2

nah tutorial d atas pake script tambahan yang namanya "Advance Painter" tu script jago juga bro, wajib punya deh, nah buat yang belum punya tu script mampir d post ane yang ini:

ane pake tu tutorial d atas buat mbikin rumput2 yang tak sebarin d pinggir2 jalan, biar kesannya lebih realistis tu model, nah udah gitu penampakanya jadi begini..:


itu yang ane select ane buat pake kombinasi vray proxy dan advance painter, biar lehih rame, itu juga ada tanaman rambat di sebelah kiri ane buat pake ivy generator, bisa d tengok d mari klo belum punya, ivy generator for max

 | STEP 4 - Materialisasi |

sampai pula kita d tahap materialisasi...tahap ini asik asik ngeselin gitu,,,yang kaga sabaran pasti langsung maen pencet F9 aje mesti, padahal klo maen materialnya canggih, tu renderan bisa jadi tambah "sempoa" kata sule, hehe makanya ane bilang gampang2 susah, *kapan bilangnye ye???heehe
langsung aja ya, ane jelasin yg material2 crusial aje, kaga semuanya, males cing ngetiknye...
yang lain ntar eksplorasi sendiri sambil belajar, sementara ane ajarin yang ane anggep penting dolo...


1. Material tembok.

Langkah pertama buka material editor, shortcutnya "M", trus muncul penampakan kek gambar d bawah nie, Abis itu trus klik modelnya pas di bagian dinding kek gini, ntar otomasis bunderan yg abu2 kita pilih tapi berubah sesuai material yng kita ambil dari objek tadi, persis (paintbucket+alt) di SketchUp, 



nah misalnya material dinding ane ada di slot yang pertama, klik aja slot yang ntu, ntar penampakan material editornya bakal berubah kaya d gambar kedua dari kiri, berhubung material bawaan dari sekecup bentuknya masih standart material (3), kita perlu bikin tu material jadi vray material, yg pertama d lakuin, klik kanan huru "M" (2) yang ada d sebelah kanan slot difuse, trus pilih copy, itu gunanya buat ngopy map difuse yang  buat dinding-nya itu, trus selanjutnya klik slot standart d pojok kanan atas (3) klik sekali, ntar keluar dialog box seperti gambar yg nomer 3 dari kiri, trus pilih yang VrayMtl (5) trus oke, ntar dialog box material editornya berubah jadi kaya gambar yang ke empat.


abis ntu, klik kotak yang d sebelah kanan difuse slot (1), ntar muncul dialog box lagi kaya gambar kedua dari kiri, pilih VrayDirt (2), klik OK (3).
nah ntar dialog box nya berubah lagi kaya gambar yang ke tiga, ubah parameternya persis kek gitu lah,,,ntar klo ada waktu boleh bereksperimen sendiri...nah map yang kita copy d langkah nomer 2 di gambar d atas, paste d slot unocludded color (6), nah di slot yang radius (5), klik aja, pilih mode bitmab, abis ntu cari textur yang kira2 mirip texture yg ane pake, yang warna item, cari yang texturenya vertical aja, klo punya ane kan horisontal, makanya W angel nya perlu ane rotate 90 derajat (7), udah begini doank, lanjut material yg laen..


2. Material Tong minyak

nah buat material tong2 minyak langkahnya sama persis kaya pas bikin material dinding...persis sis...huehuehu, lanjut ya yang laen...

3. Material Jalan

nah khusus yag ini pastiken pas bikin awal d sketchup udah d grup terpisah dari objek yang lainnya....soalnye material jalan ini ane pake vraydisplacemenMod, jadi syaratnya harus terpisah dari material ama object yang laen...

okeh, langkah pertama pick material pake eye droper persis pas kaya mo buat material dinding, trus copy difuse map-nya, ini penting,,,

 
abis itu pilih object jalannya, kaya gambar dibawah ini, klik sekali aja (1), trus buka modify tab (2), abis itu klik dropdown menunya kaya gambar d bawah,,,(3), abis itu cari yang namanya VrayDisplacementMod (4)


abis d pilih tu VrayDisplascementMod, bakal keluar dialog box kaya gambar di bawah, trus paste dah yang kita copy tadi d slot texmap (1), trus samain parameternya kaya seting yang ane punya,,,atau ubah suka2 sesuai selera parameter2 yang ane kotakin merah,,,kecuali yang option Type itu harus tetep "2D mapping (landscape)".


sementara material yang penting penting aja yang ane kasi tutor nya,,,yang laen itu ane cuma pake material standart aja...klo mau ya eksplorasi sendiri ya, klo ane jabarin semua d sini bisa gempor nie jari ane, huehuehue, kapan2 klo ane ada kesempatan lah, ane jelasin material material yang laen, huehuehue

| STEP 5 - Rendering |

langsung aja ya, kita lanjut ke tahap berikutnya, kan awal banget kita tadi udah import dari sketchup ke max tuh, pastikan option camera-nya d aktifin juga ya pas import, abis itu tinggal buka yang namanya Physcam conventer kaya gambar d bawah ini:


misalnya belum punya bisa download d mari:

abis kebuka dialog box kaya gambar d atas, klik aja yang Convert Camera(s), otomatis standart camera bawaan sketchup tadi bakalan berubah jadi Vray Physical Camera,



abis itu tinggal edit beberapa parameter di vray cameranya, pertama pilih VrayPhysical camera yang tadi dah kita buat, atau biar gampang, tekan (H) trus cari vrayphysical camera d list name-nya. pilih trus oke,

ntar abis tu d pilih, langsung pilih modify tab tab di panel sebelah kanan, ubah parameternya kaya yang ane pake kek gambar di bawah ini:


Nah abis itu semua, waktunya masuk ke menu utama nie,,,"lighting" mungkin nie kali yang agan2 tunggu dari tadi, okelah, udah kebanyakan ngoceh kaga jelas, kita langsung aja masuk ke pembahasannya,
Sebenernya simple banget gan seting pencahayaan yang ane pake di scene ini, cuma pake vray sun & vray sky, yup cuma 2 itu tok, ga ada sumber pencahayaan lain selain itu,

langsung aja ya, pertama bikin vray sun dolo gan, caranya kaya gambar di bawah gan, pilih
tab create --> light --> Vray --> VraySun
nah ntar pas agan2 sekalian bikin tu vray sun, pas terakhiran bakal keluar dialog box yang kaya gambar sebelah kanan dibawah nie...Nah klo keluar dialog kek gitu, langsung pilih "NO" ajah,


trus aturlah posisinya agak siangan dikit gan, sekitar jam 10.00-11.00 lah, kek gambar d bawah, trus sesuain parameternya kaya punya ane gan,


udah noh, cuma gitu doank, gampang banget toh...ane juga heran koq gampang banget ya, udah lama belajar, eh ternyata di ajarin ama orang gitu doank,,,ahahah, okeh ga usah kebanyakan ketawa, langsung lanjut ya.

step berikutnya, buka material editor (M), pilih salah satu slot kosong, pake aja misal slot yang sebelah kanan bawah kek gambar d bawah, trus ubah typena jadi vraysky,


- nah abis itu kelar semua, jangan langsung d tutup material editornya, tapi buka dulu environment and effect, shortcutnya (8) atau buka manual dari Rendering --> environment, ntar keluar dialog box kek gambar di bawah,
abis itu, drag material vray sky yang tadi udah kita bikin ke slot environment map, udah drag aja, trus pilih instance,


- trus ini setting yang ane pake gan buat render finalnya...(klik biar lebih jelas)

 


dan....setelah menunggu di sambi makan singkong sama kupi manis, nunggu di iringi hujan d luar jendela, kelar dah renderannya jadi kaya gambar di bawah, Alhamdullilah ya,,,sesuatu banget,,,huehuehue..



| STEP 6 - Post Processing |

- huehuehueue,,,dah cakep lom tuh,,,cakep bangetlah ya,heheheh, *memuji karya sendiri, dari pada ga ada yang muji sama sekali,,,huehuehue

- tapi rasanya kurang mantep ya klo renderannya kaga masuk dapur photoshop, bagai sayur tanpa garam,huehuehue
untn memaksimalkan hasil render yang tadi, edit2 lah dikit d photoshop...

- ini ane kasih liat workflow edit2ane ane, walaupun ane yakin ente2 udah lebih dewa dari pada ane,,, nie emang simple banget owk, ngatur level, curve, color balance doank...

- pertama buka tu file jepeg renderannya tadi,

abis ntu, atur curve ama levelnya dikit, kaya gambar d bawah...

 
trus copy layer render original tadi ke paling atas, ubah jadi overlay, turunin opacitynya jadi 8-15% (sesuai selera)
trus, copy lagi sekali render originalnya, taro paling atas, ubal levelnya jadi hampir gelap, cuma nyisain bagian2 yang terang aja, turs kasi filter>blur>gausian blur kek gambar di bawah, nah abis itu ubah typenya jadi screen, dengan opacity 15-25% (sesuai selera), ini biar ngasi efek bloom2 gitu


lanjut lagi, merge semua layer tadi jadi satu, atur color balancenya jadi agak semu2 kuning, biar gambar renderannya keliatan jadi kaya gambar lama, langkah terakhir kasi deh efek vigneting biar tambah kaya hasil foto SLR, 


dan akhirnya,,,,taraaaaa,,,renderan kita kelar, cakep pula jadinya,,,,


gimane manteb kaga, yaaa walaupun tutorialnya acak2an, yang peting niatnya lah ye,,hehheeh ^^
kayaknya sekian dari ane deh buat tutorial kali ini, apabila masih bingung, perlu penjelasan, ato saran, kritik, monggo langsung hajar aja, kirim langsung d mari...ane bakal seneng banget nanggepinnya...ehhehe, salam sukses dari saya...

e : marsetyo14@gmail.com
f + YM : aji_coolman14@yahoo.com
t : @MarsetyoAji



9 Comments

  1. ADAKAH CARA UNTUK MENG-SAVE AS FILE STREAMING VIDEO DI SANA AGAR UKURANNYA MENJADI LEBIH KECIL....
    PART-01 DURASI 16 MENITAN SIZENYA SEKITAR 400mb LEBIH...
    BENAR2 BESAR SEKALI... :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti provider internetnya gan yg lebih kenceng

      Delete
  2. wahahahha....emang kek gitu gan, soalnya HD punya itu, resolusinya gede,,,n setahu ane ga bisa gan, tapi coba deh pake keepvid.com, sapatau sama kaya youtube, ehehheeh
    tapi worth it koq gan...

    ReplyDelete
  3. mas.. mau tanya nih. aku ada problem masalah vray dirt.

    material pakai vrayMtl trus difuse aku kasih vray dirt. tapi kok dipertemuan antar objek gak muncul efek kotornya ya.

    apakah vrayku error apa ada kesalahan teknis ya. mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  4. hoooo...coba kamu centang option invert di dirt slotnya....tapi konsekuensinya semua dirtnya muncul d semua edges ama pertemuan material...harusnya klo udah sesuai ama yang d atas bisa kq...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin tutorial vray dirt dong heheh saya barudenger tuh

      Delete
  5. @imam plater: konsepnya gitu doank mas, kaya yang aq post diatas,,,klo lebih jelasnya di youtube banyak mas,,,aq belajar dari youtube juga soalnya...

    ReplyDelete
  6. Manteb mas bro...walopun masih lom isa 3dmax seh. tp patut di coba. haha.... ( bahasa njelasinnya asik ;p )
    btw vray nya kemaren dah isa om. tenks yah...
    lanjoooot terus tutorial lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh sama2 gan,,,,moga2 sempet bikin lagi gan,,,lagi lumayan sibuk ini,,,

      o iya bantu share juga yak... :D

      Delete