'relinkjdulx' href='"+relurls[D]+"' target='_top'>"+reljudul[D]+"";q+=""+relcuplikan[D]+"";q+="";document.write(q);r++;if(r==relmaxtampil){break}}if(D

[TUTORIAL] Lantai Keramik 2 (edisi 3dsmax)


haloooo semuaaa,,,,nongol lagi nie saya…wkwkwk
Nerusin tutorial yang tentang lantai kemaren, soooo di lanjut ya, tapi kali ini buat para pengguna 3dsmax, gantian kemaren kan udah buat sketchup… nah 3dsmax keknya lebih menarik nie, bisa kita gali dalem ilmunya, oke sip langsung aja ga usah pake lama…cusssss…download file latihannya di sini ( download )
kita mulai yang paling simple dulu ya, buka 3dsmaxnya (aq pake 3dsmax 2013 ), coba buat plane dengan ukuran 300x300cm


kemudian masuk ke modify panel, convert to editable poly


next, buka material editor ( shortcut “M” ), pilih salah satu slot material buat satu vraymaterial,



pada diffuse option, klik kotak abu-abu di sebelah slot warna material, kemudian pilih bitmap, kemudian masukan texture keramik putih yang pernah kita pake dulu di tutorial sebelumnya ( download disini apabila blm punya )
setelah dipilih texturenya, apply kan pada plane yang telah kita buat tadi, ( pilih plane > assign material to selection ) atau ( drag and drop slot material kita ke object yang akan kita apply materialnya.



setelah kita aplly, objek yang kita punya akan berubah warna, namun texture nya belum nampak di view port kita, untuk memunculkannya cukup klik slot material kita tadi, dan pilih “show shaded material in viewport” seperti gambar di bawah



setelah langkah di atas kita lakukan harusnya texture material sudah bisa terlihat di viewport kita, namun nampaknya ada yang tidak beres dengan texture kita, hal itu disebabkan karena mapping texture kita pada object belum benar, oleh karena itu coba kita perbaiki texture kita, langkah pertama klik objek tersebut > masuk ke modify panel > klik drop down menu > kemudian pilih uvw Map



setelah kita pilih uvwmap, nampaknya texture material kita sudah benar, hanya saja ukurannya masih mengikuti ukuran plane kita, untuk menyesuaikannya cukup ubah dimensi texturenya sesuai kebutuhan, misal 30x30cm



yappppp….as simple as flicking a fingger is’nt it???wkwkkwkw, oke tahap pertama aplly material beres ya…gampangkan…nah sekarang kita coba masuk lebih dalam ke option material vraynya.
buka kembali material editor, pilih slot material keramik kita tadi, option yang pertama akan kita bahas ialah bumb and displace, yap sama kaya pas kita belajar vray4skp, oke langkah pertama tekan “C” (camera) untuk mengubah sudut pandang agar effect dari option ini benar2 terlihat sehingga mudah dipahami.



yup, balik lagi ke material editor, buka menu map, nah di situ bakal keliatan banyak banget slot map yang bisa di pake sesuai dengan fungsinya masing2, pertama2 yang gampang dulu bumb sama displace map aja…
max, vray, texture, render, keramik, tutorial
karena ukuran nat keramik dengan keramik yang kita gunakan sama, maka untuk mempersingkat waktu cukup kita kopi texture di diffuse map ke bump map, ( klik kanan pada slot map diffuse > klik copy > klik kanan pada slot bump map > klik kanan > paste (copy) )



tanpa mengubah parameter apapun coba kita render (F9)



hanya terlihat sedikit perubahan pada nat keramik yang kita buat, coba kita naikan nilai bump materialnya menjadi 200 dan coba kita render lagi.


yap, still not big difference we see there, wkwkkkw, nah kalian coba2 ubah nilai bump map-nya, liat bagaimana hasilnya,,,uji coba sendiri, pokoknya intinya semakin gede nilai bumb nya, maka semakin berkontur material nya…

oke ga pa2 kita tinggal saja bump sampai disini. kita coba beralih ke displace material, pertama kita cut material yang ada di bump map dan kita pindahkan ke displace map masukan nilai 1 dan render kembali.

disini perbedaannya jelas terilihat pada nat keramik yang tidak begitu terlihat saat menggunakan bump map tadi, hal ini dikarenakan ada perbedaan yang mendasar pada bumb dan displace map. Pada bump map, vray akan memberikan kesan perbedaan pada material tanpa mengubah geometri dari objek tersebut, sedangkan pada displace map, vray akan memberikan perbedaan ketinggian dengan cara merubah objek nya secara langsung, untuk mengetahuinya dengan jelas, kita coba ubah nilai displacenya menjadi 10 dan render kembali



terlihat sekali bahwa geometri objek kita di perlakukan sedemikian rupa oleh bumb material :D, untuk kapan penggunaan bum dan displacement material bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan situasi yang ingin dicapai.
lanjuutttttt…( balikin nilai displacement mapnya dolo ke 0.5 yah ) kita coba beralih ke option reflection ya. scrool keatas material editor, kita bisa liat option reflection material ada dibawah option diffuce dan self-illumination.
bisa kita liat ada beberapa parameter yang bisa kita atur di situ, mulai dengan yang paling mudah ialah mengatur intensitas refleksi pada lantai keramik kita. ubah warna disebelah kanan parameter reflect (hitam>abu2) kemudian tekan render. ahhh…sebelum kita render tambahkan objek diatas lantai keramik kita untuk mengetahui bagaimana efek refleksi bekerja pada keramik.





 
as we can see, keramik kita sudah mengkilap, sekarang coba ubah warna dari reflect parameter dar abu2>putih, kemudian render.


dan hasil render bisa kita lihat bahwa setelah berubah dari hitam ke putih, material keramik kita memiliki intensitas pantulan/refleksi 100% atau sama dengan cermin, jadi kesimpulannya adalah parameter refleksi hitam (0.0.0) memiliki intensitas pantulan 0 dan putih (255.255.255) memiliki intensitas pantulan 100% (sama dengan cermin)
setelah kita tau teori di atas, kita tahu bahwa intensitas pantulan maksimal menghilangkan warna/texture dasar dari objek yang kita miliki, sedangkan kita menginginkan material kita memiliki texture dan refleksi sekaligus, oleh karenanya ada parameter yang dinamakan fresnel refelction, mari kita coba check parameter tersebut dan tekan render.


terlihat pada renderan terakhir, material pada objek lantai kita sudah lebih baik dari sebelumnya, memeiliki pantulan terhadap objek diatasnya tanpa menghilangkan warna/texture yang dimiliki, fresnel memiliki nilai 1.6 yang terkunci/lock oleh sistem bawaan, sekarang kita coba naikan nilai dari fresnel tersebut dengan meng-unlock terlebih dahulu parameternya dengan meng-uncheck centang di sebelah kanan parameter fresnel.
ubah menjadi 2.5 dan 8 secara bergantian untuk mengetahui perbedaannya.




jadi semakin tinggi nilai fresnel akan mengakibatkan intensitas pantulan yang ada pada material keramik tersebut bertambah. untuk parameter selanjutnya adalah reflection glossines, penjelasannya aq wakilin gambar aja ya,,,jadi kira2 begini.




nilai standartnya untuk kedua option ini adalah 1, yang artinya pantulan yang akan dihasilkan akan sempurna, dan tajam. dan apabila nilainya dibawah 1, pantulannya akan menjadi buram/kabur. dan nilai 0 pantulan yang akan dihasilkan akan 100% kabur. jika kalian pengin mendapatkan pantulan pada material gunakan nilai antara 1-0,5. karena nilai dibawah 0,5 efeknya sama seperti tidak memiliki pantulan sama sekali,
sekarnag kita coba turunin nilai reflection glossines jadi 0,9 trus render.



anddddd,,,,bisa diliat pantulan yang dihasilkan tidak setajam gambar yang kita render sebelumnya. dan gambar dibawah ini menggunakan nilai reflection glossines 0,6. pantulan yang dihasilkan hampir2 tidak terlihat jelas, karena sesuai yang udah aq bahas tadi, reflection glossiness <0,5 akan sama dengan tidak ada pantulan sama sekali.



okeeeee….sampai sini gampang banget kan, sama pada intinya dengan pelajaran kemaren yang buat sketchup…trus apa bedanya sketchup sama max dong??? nahhhhh, untuk vray-nya mungkin gak jauh beda, tapi…( ini mulai menarik nih, he he he ) nah abis ini kita coba belajar ilmu lain ( masih tentang lantai keramik ) tapi lebih advance dan lebih asik…tapiiiii ( tapi tapi terus ) setelah pesan2 yang mau lewat ini ya…ha ha ha,
sampai ketemu di post selanjutnya… apa bila ada pertanyaan, kritik dan saran, hubungi aku ajah… :D
t + WA : +62 856 4047 9014
email : marsetyo14@gmail.com

5 Comments

  1. boleh minta tolong bimbingannya?

    ReplyDelete
  2. boleh minta tolong bimbingannya?

    ReplyDelete
  3. Terimakasih caranya, sangat bembantu sekali

    Jangan lupa kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/ untuk anda yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap, atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete