'relinkjdulx' href='"+relurls[D]+"' target='_top'>"+reljudul[D]+"";q+=""+relcuplikan[D]+"";q+="";document.write(q);r++;if(r==relmaxtampil){break}}if(D

[Tutorial] Cara import file SketchUp ke 3Ds Max dengan Connection Extension

 NB: untuk pengguna 3d max 2012, dan seterusnya, program ini sudah tidak d perlukan karena udah d include kan sama file instalannya mereka, jadi udah built in gitu...heheheh


Beberapa waktu yang lalu Autodesk telah mengeluarkan program tambahan untuk 3DSMax 2010 yang bernama Connection Extension, Program tambahan tersebut berfungsi agar 3DSMax dapat mengimport file *.skp secara langung, sehinnga para pengguna SketchUp yang ingin memindahkan model 3d-nya ke 3DSMax untuk keperluan lebih lanjut seperti merender tidak perlu repot-repot meng-export file skp-nya ke format 3ds yang kemudian baru bisa di import ke dalam 3DSMax.

Link download

--media api--




Cara instal :

1. Donwload file dari link diatas
2. Ekstrak file yang tadi telah anda download
3. Jalankan program tersebut, dan ikuti langkah-langkah instalasi seperti biasa (NB: Pastikan anda telah menginstal progam 3DSMax 2010 32bit pada komputer anda, untuk 3DSMax 64bit belum pernah saya coba tapi kemungkinan masih bisa di pakai)
4. Setelah selesai, 3DSmax anda akan muncul tulisan "connection extension" pada bagian pojok kiri atas splash screen saat anda menjalankan program 3DSMax.

Cara Pemakaian:

1. Buka program 3DSMax,
2. Pilih File --> Import --> Pilih file SketchUp yang akan kita import (NB: Pastikan kita menyimpan file SketchUp kita ke versi 7)
 

3. Pada kotak dialog akan tampil seperti pada gambar di bawah:


a. SkipHidden Object : apabila option ini aktif, maka semua geometry yang kita hidden pada model SketchUp yang kita buat tidak akan ikut ter-import ke dalam file 3DSMax kita, dan apabila option ini tidak kita aktifkan, maka semua objek yang ada dalam model SketchUp kita baik yang sudah kita Hidden maupun tidak akan ikut ke-import ke dalam file 3DSMax kita.
b. Split Object by Layer : option ini berfungsi untuk tetap memisah-misahkan objek yang ada sesuai pada posisi layer yang telah ada dalam file SketchUp kita, dengan catatan objek tidak dalam bentuk group maupun komponen.
c. Camera : dengan mengaktifkan fungsi ini, 3DSMax akan secara otomatis mengubah tiap-tiap scene yang kita buat di SketchUp menjadi camera pada 3DSMax.
d. Daylight system : dengan mengaktifkan fungsi ini, 3DSMax akan secara otomatis mengubah seting shadow yang ada pada SketchUp menjadi seting sun+daylight pada 3DSMax.


Tips :

Tips untuk memudahkan pada saat migrasi file SketchUp ke 3DSMax adalah:
1. Hilangkan semua objek dan material yang tidak di gunakan, hal ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan plugin "PURGE" (Plugin --> Purge All atau "Shift + U".)
2. Pastikan tidak ada face yang terbalik, cara mengeceknya adalah dengan mengubah view menjadi monocrome (View --> FaceStyle --> Monocrome)
Apabila ada bagian yang berwarna biru seperti pada gambar di bawah ini, maka face tersebut di katakan terbalik dan akan menjadi masalah pada saat kita render nantinya.
cukup pilih bidang mana yang akan kita balik face/permukaannya. klik kanan --> pilih reverse face (Shift + D)
 
3. Pastikan save file SketchUp kita dengan versi 7.
4. Untuk memudahkan kita dalam meng-apply material ada 2 carayang dapat kita lakukan, yang pertama adalah mengubah setiap objek yang berlainan menjadi component dan memberinya nama sesuai dengan objek masing-masing, hal ini akan memudahkan kita dalam memilih objek untuk meng-aplly materialnya. Dan cara yang kedua adalah explode semua group dan component yang ada kemudian ubah mendjadi satu group atau component kembali, untuk cara apply material akan di elaskan pada tutorial-tutorial selanjutnya...


42 Comments

  1. file nya corrupt nih
    tolong di upload ulang dong thx ^^

    ReplyDelete
  2. oke gan...segera ane replace....

    ReplyDelete
  3. request buat yg max 2009 bisa gak?? hehehe :)

    ReplyDelete
  4. keknya baru bisa buat max 2010 x64 x86 deh gan...

    ReplyDelete
  5. bang aku mau tanya , kalo kita udah ngebuat lampu vray ( misalnya rectangular light ) di sketchup trus di import ke max , apa lampu vray sketchup masih aktif ? , soalnya kan agak ribet yah masang lampu di max .

    aku belum coba max ... cuma mau tau aja kekurangan dan kelebihan kedua v-ray (su-max)

    ReplyDelete
  6. ga bisa gan....soalnya beda, ntar kebacanya d max cuma rectangle biasa...jadi ya harus d bikin ulang..hohoo

    ReplyDelete
  7. alamak ... pasti susah ya bang , soalnya kan tampilan max agak wireframe

    ReplyDelete
  8. kan bisa di ubah gan tampilannya...kaya skecup gitu....lama2 juga bisa gan....

    ReplyDelete
  9. kak aji, link downloadnya corrupt kak? udah ak download kok diekstrak tulisannya corrupt kak? terimakasih kak.
    ditunggu link terbarunya...

    ReplyDelete
  10. wew...dah ane cek bisa semua koq gan....

    link mana yang corrupt, ntar ane segera betulin...

    ReplyDelete
  11. semuanya kakak...
    kok tulisannya removed gitulah kak.hehehe...
    bisa diupload via mediafire kakak?
    ak udah download tapi jg corrupt,,,
    ak butuh ni kak untuk persiapan TA...
    thanks ya kakak aji....

    ReplyDelete
  12. thanks brader saya sudah bisa...hehehe...
    sukses selalu untuk blognya ya...
    salam architecture!!!

    ReplyDelete
  13. link yang rapid masi aktif semua koq...tinggal yang hotfile aja mati,,,

    coba download aja yg dari rapid dulu...ntar ane coba upload lagi ke media api...

    buat yang dah sukses, selamat berkarya aja...hohoho

    ReplyDelete
  14. Bukankah bila import menggunakan connection extention max 2010 akan ada masalah dengan units.
    Permasalahan units ini tidak ditemui pada max 2011.
    Sy menggunakan versi yang x64 pada kedua max. Mungkin permasalahan tidak timbul untuk verxi x86.
    Trims

    ReplyDelete
  15. @antok:...wah kaga pernah perhatiin ane gan....
    ane pake max buat render aja soalnya...modeling tetep pake sekecup...hhooho

    tapi trimakasih banget buat informasinya gan....

    ReplyDelete
  16. gan yg di download yg mana nih buat 64 bit? ko linknya ga ada semua ya?

    ReplyDelete
  17. masa ga ada gan???sebentar ya ane ceknya dulu..sapa tau link nya dah pada koit...

    ReplyDelete
  18. makasi gan, sudah bisa, sy sudah coba td, apakah bisa group atau komponen yg sudah sy kerjakan di sketchup itu,jika di import dia akan tetap menjadi group nantinya di 3dsmax ? jadi kita tidak perlu lg menggroup pada 3dsmax, soalnya sy mengalami masalah yg pada hal itu trus,terimakasih gan

    ReplyDelete
  19. tetep persis kaya yg ada d sekecup gan....yang ilang cuma susunn layernya aja....

    yang lain bakal sama persis kek yg agan bikin d sekecup, jadi ga perlu ngegroup2 lagi...

    tinggal aplly material, render dah...hohoho

    ReplyDelete
  20. wow makasi bgt ya gan, oya sorry mau nanya lagi gapapa kan. dengan catatan apa objek yg sy group di sketchup bisa mirip pada group yg di 3dsmax? makasi bgt ya agan, blognya keren..rajin deh ane ngunjungin blog ini gan,makasi gan sukses!!

    ReplyDelete
  21. maksudnya mirip gimana gan??? klo bentuk geometry nya ga bakal berubah sama sekali persis sama kaya d sekecup....dan biasanya udah berubah jadi mesh, jd klo mo d edit tinggal k moddify panel trus edit layaknya editable poly...

    setau saya si begitu...he,

    ReplyDelete
  22. Begitu baca ney Artikel hatiku berbunga bunga... :DDD
    semoga masalah gw selama ini bisa teratasi..
    soalnya di max 2010 error2 terus pas ngimport file sketchupnya...

    ReplyDelete
  23. nice info gan... :)

    minta tolong gan,,bisa di upload di mediafire,,,di rapid sulit bgt,,,

    thanks...

    ReplyDelete
  24. butuh yang 2009 sieh gan??
    2010 tuh beratnya minta ampun rendering klo material ama pencahayaan pas mendekati real. 10 jam ane rendering.

    ReplyDelete
  25. mati link nya gan

    ReplyDelete
  26. udah ane benerin gan....tu ane tambahin catetan, max 2012 ke atas, ga perlu ini lagi, udah include sama instalannya soalnya

    ReplyDelete
  27. gan link nya mati, bisa di upload lagi filenya, di link yg beda
    trims

    ReplyDelete
  28. ada tekstur sketchup yg di eksport ke 3d tapi ga ke baca gmn solusi nya gan?

    ReplyDelete
  29. kalo cara diatas sudah diterapkan dengan baik, kemungkinannya adalah missing textur, jadi tiap kali kita import model skp ke max dengan cara tadi, texture dari model sketchup akan ter-save di C:\Users\"username"\Documents\3dsMax\sceneassets\images, nah klo agan mindahin file max tadi ke komputer lain atau tempat lain, pada saat agan buka file maxnya pasti ada peringatan jika texture yang di pakai di file tersebut tidak ada, jadi solusinya tinggal copi texture di folder tadi, simpan d tempat baru, kemudian arahkan perintah pencarian material yang hilang tadi ke folder baru-nya agan, cukup browse aja di mana posisi folder barunya...selesai

    ReplyDelete
  30. pak saya sudah mempraktekkannya tapi kok gmbarnya gak muncul,, apa skalanya ya? tlong responnya donk.. thnkz

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga munculnya gimana dek??? boleh liat dulu???,
      texture yang di import dr sketchup ke max, ukuran, posisi, bakal tetep sama persis kaya yang keliatan d sketchup, tanpa perubahan apa2 koq...

      Delete
    2. dannnn....saya masih mas2 dek,,,belum bapak2...hahaah

      Delete
  31. ini berarti cocok kalo kita modeling di su namun kita render di max,
    sebelumnya saya memang agak kesusahan mas, kalo mau import file su, padahal saya pake max 2013.?

    ReplyDelete
  32. bro file not found tuh

    ReplyDelete
  33. Bro, mo tanya niyh... saya masih pemula di 3ds max. sebelumnya saya membuat struktur furniture di SU dan pengen rendering di 3ds max biar hasilnya bagus. setelah file saya import ke 3ds max saya gunakan vray untuk renderernya. masalahnya, waktu saya mau kasih material vray dengan permukaan HPL kulit kayu dari file bitmap yg sizenya actual di objek yg saya import tadi tapi ukuran tilingnya jadi ngaco. saya test bikin box seukuran bitmap tadi lgsung di viewport(bukan import) ukuran tilingnya pas. tpi kenapa dipasang ke objek import ukuran tiling materialnya jadi gak bener..? tolong bantu yaa..makasih sebelomnya..
    NB: saya udah samain size di coordinates mappingnya sama dengan ukuran actual bitmapnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan sudah saya coba pahami...

      pertama ane blm pernah ngalamin yg begituan gan, ape yg sudah ane siapin d skp selalu cocok setelah ane import,

      mungkin penyebabnya tu pas agan bikin d SU, agan ngash material langsung dr luar objek yg udah jd group ape komponen, (biasakan klo ngasih material bener2 ke face nya gan,,,klo udah berbentuk group apa komponen, di open dulu...

      klo langkah di atas masih belum bisa ngatasi masalah agan, agan bisa pake yg namanya uvw map di max gan,,,disitu agan bisa atur p x l x t nya texture langsung dr max nya,,,*ga perlu nyocokin ukuran pixel texturenya (browsing youtube aja gan, uvw map/unwarp uvw map


      semoga membantu

      Delete
  34. Replies
    1. o iya...makasih infonya...segera di perbaiki...

      Delete
  35. sipp ditungguu kaakk , lagi butuh nii :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ini dek,

      http://www.mediafire.com/download/abdz51jshh26ewb/connection_extension_3dsmax.rar

      Delete