'relinkjdulx' href='"+relurls[D]+"' target='_top'>"+reljudul[D]+"";q+=""+relcuplikan[D]+"";q+="";document.write(q);r++;if(r==relmaxtampil){break}}if(D

[Making of] Night Scene of Highress Building



 
Assalamua'laikum, salam sejahtera bagi sobat2 sekalian,,,,
ntah sejak kapan terakhir saya nongol disini, maklum sibuk *sok sibuk sebenernya, hahah ^^

oke, kali ini aq hadir dengan bahasa yang tetep kacau tapi dengan tutorial baru, eh ga pas dink klo di bilang tutorial, lebih tepatnya WIP, work in progres soalnya klo tutorial itu ngajarin, lha ini ngemeng2 doank ga jelas soalnya,wkwkwkkw :P
Kali ini kita coba yuk bikin renderan gedung pencakar langit dengan mood malam hari,,, kita mulai ya...

oke pertama siapin alat+senjata tempurnya ya...
1. komputer lengkap ama keyboard+mousnya, *setel winamp biar ga suntuk ^^
2. sediain kopi ama rokok *klo yang ngrokok, ane sih kaga, bikin batuk...
3. berdoa sama2 biar lancar nyedot ilmunya, bismilah.... :D


[ PART 1 ] :  MODELING

kayaknya bagian modeling kita skip aja ya,,,lagian ini modeling gampang kok,,,,tinggal bikin satu lantai, tinggal copy array ke atas jadi deh bagunannya...

ini klo ada yang mo latihan pake model yang sama tinggal donload aja dari gugel warehouse,


mungkin lain kali lah kita bahas2 tentang modeling, kayaknya udah pada mahir2 soalnya nie modelingnya, jadi kita skip aja tahap ini...huehuehue...

o iya, klo semisal mau modeling sendiri, pastikan unitnya pake cm plus semua bagian dipisah pake layer2 ya, biar sama, ntar biar pas proses renderingnya ga ada gap sama yang ntar aq sampaiken..hohoohh...sep2??? :D

ini aq kasih liat proses singkat modelingnya...


Step by step modeling


[ PART 2 ] :  PREPERING FOR RENDERING

oke, kita masuk nie ke tahap yang kita tunggu2,,,rendering,,yeyyyyy!!!!

pertama buka dulu deh program 3d maxnya masing2 ya,...
klo udah di buka, langsung ikuti langkah kaya gambar di bawah ini ya...


step 1
 step 2
Klo udah, next step ya, import model seketchup kalian masing2 ke dalam max, *baik model donlodan punya ku atau model buatan kalian sendiri,


step 3
 


Dannn...hoala, model seketchup kita udah masuk 3dmax, biasanya keliatan kaya gambar dibahah ini, klo diliat jadi 4 kotak layar plus ada grid2nya, klo buat aq grid cukup mengganggu, apalagi klo modelnya udah kompleks, mending ilangin aja, caranya klik layar yang mo d ilangin gridnya trus tekan huruf "G" itu shortcutnya untuk toogle grid d max,


import model dari sketcthup ke 3d max
Mari kita lanjutkan, klo udah di ilangin grid2nya, coba deh kalian bikin vray physical camera dari "crete tab",
membuat vray physical camera
setting kamera
 
next, masuk render option (F10), trus masuk bagian (common tab), ubah image aspect ratio jadi "0.65", trus klik salah satu layar dan tekan (shift + F) buat munculin (safe frame area). liat gambar di bawah:


tes render

Nah, liat layar kanan bawah kan? itu namanya safe frame area, jadi kira2 ntar yang cuma ke-render ya bagian yang di dalam kotak kuning aja, abis itu, view kameranya coba di cari yang pas menurut selera masing2, minimal kaya yang aq tunjukin di gambar atas tadi.


[ PART 3 ] :  ADDING MORE
 
Oke, next step, abis siap2, nah sekarang waktunya lebih dalam mengeksplore model kita tadi, berhubung bangunan kita tu banyak pake material kaca, jadi otomatis si bangunan bakal munculin refleksi dari sekitarnya, maka dari itu, kita kudu tambahin beberapa bangunan d depan bangunan utama kita, supaya ada efek refleksi dari depan, 

Klo aq tinggal kopi bangunan2 yang udah ada di samping2 aja ke depan, jadi ga perlu bikin baru...*irit waktu...heheh :D


Lanjut lagi, kita tambahin pepohonan deh, biar ramean dikit, sebar secara merata di bagian depan, biar ada kaya tamannya begitu,,,



nah, udah keliatan rame kan, kayaknya begitu aja udah cukup, lanjut ke tahap berikutnya ya...
  
[ PART 4 ] : MATERIAL
Oke2, ini banyak yang di tunggu2 nie...*mungkin juga nggak,,,hahahhah
di model ini ane gak banyak maen2 ama material, karena ga ada objek yang kena close up, makanya materialnya ga usah detail2 banget, cukup beberapa yang perlu aja, 

1. Kaca
material kaca

2. Frame kaca
material frame kaca

udah, 2 material itu aja yang ane ulik2, yang laen biarin default bawaan dari si sekecup, materialisasi beres, lanjut lagi ke tahap berikutnya....hap hap hap :D


[ PART 5 ] :LIGHTING / PENCAHAYAAN
  
nah, ini ni, bagian paling menentukan dari perjalanan kita menuju kesuksesan,,,*lebay, he. Langsung mulai aja ya, pencahayaan yang d gunakan d sini gak rumit2 amat koq, cuma pake vray domelight, untuk global lighting, spotlight buat pencahayaan dalam ruangan, Vray IES untuk pencahayaan outdoor, sama IBL (image based lighting untuk pencahayaan tambahan bangunan sama lighttrails) ntar d jelasin satu2 deh...

vray Dome Light
fungsinya untuk pencayahaan global, terang langit lah istilah lainnya....kali ini ane pake HDRI (Peter Gutrhie HDRI pack -2003 Dusk Blue) yang ane masukin ke vray dome light, setting valuenya kaya gambar d bawah.


klo udah coba tes render, hasilnya kurang lebih bakal jadi kek gambar di bawah ini...


Keliatan gelap yak, dan agak kebiru2an...emang kita kan ngincer suasana malem, oke lanjut lagi,

abis ini coba bikin spot light utuk d taroh d dalam bangunan utama, klo kalian pake model yang aku bikin, itu ada sekitar 30 lantai, coba letakkan spotlightnya d setiap lantai, sekitar 3-6buah tiap lantai nya secara acak,




klo udah coba tes render, hasilnya bakal kek gini lah kurang lebihnya...




sepppp...pretty nice isn't it??hahahah, oke lanjut lagi ya, o iya, berhubung kita nggak bikin bangunan plus interornya, keliatan kosong kan jadinya, dan jadi kurang asik, nah maka dari itu perlu kita akali, caranya tadi pake IBL (image based lighting) 

oke ane jelasin pelan2, dengerin ya....hehheee :D


Style template nya,,,beberapa nyomot dari forum sebelah....



 




Klo udah coba d tes render lagi...., trus bandingkan ama gambar yang sebelumnya tadi...



lumayan kan, little bit improvement we got right there... nah untuk bangunan sementara cukup sampai sini dulu, lanjut tambahin yang pencahayaan d sekitar bangunannnya, simple aja, ane cuma pake vray IES buat lampu jalan sama buat nerangin pohon2nya,,,



lanjut lagi, nah sekarang kita mo bikin yang beginian nie,,,,bakal kita bikin d depan gedung utama biar lebih oke dan meramaikan suasana.... ^^


langsung ke langkah2nya ya,,,cepet aja...



daaaaaaaaaaaaaannnnnn......selse sudah persiapan kita, buruan buka F10, masuk render setting, siapin setingan kita buat final renderrr....rarrrwwwrrrrr :D
nie setingan yang ane pake sedemikian rupa...



teraaaakkkhirrr banget nie...akhirnya pencet F9, yayyyyyy... :D ntar klo udah, jangan lupa d save as PNG ya....baru ntar kita masuk post pronya d photoshop....



yaayyyyyy.....yayyyy :D rendernya udah jadi,,,,bagus kan, bagus kan....wwkwkkwk :D seneng gak ama renderannya...heheheh :D


[ PART 6 ] : POST PRO

Pos pro yang ane pake ga ribet2 amat koq, cuma ngatur level, curve, color balance doangan...
ni step2nya, tapi udah di singkat ke bagian2 pentingnya aja, soalnya klo di detail bisa keriting ni jari ngetiknya... ^_^



gimanaaaa???cukup puas, apa puas banget...wkwkwk *alay...
coba deh kalian bandingin raw render ama pos pronya, jauh lebih baik lah klo boleh muji diri sendiri...heheheh



okeeee sahabat2 sekalian,,,seperti itulah proses saya membuat render gedung dengan suasana malam hari, semoga berkenan dan dapat d ambil manfaatnya....wkwkwkkw,
apabila masih bingung, perlu penjelasan, ato saran, kritik, monggo langsung hajar aja, kirim langsung d mari...ane bakal seneng banget nanggepinnya...ehhehe, salam sukses dari saya...

e : marsetyo14@gmail.com
f + YM : aji_coolman14@yahoo.com
t : @MarsetyoAji



8 Comments

  1. okeeee...silahkan,,,semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  2. permisi mas, kalo image buat interior gedung nya cari d mana ya? makasih sebelumnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. di atas kan ada bro, aq kasih juga deh kayaknya....nyomot dr sini aja...

      Delete
  3. thanks for sharing masta.. mantap.. !! ane blajar dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sippp...hajar gan...bantu share ya klo bermanfaat :D

      Delete