Kali ini kita coba yuk bikin renderan gedung pencakar langit dengan mood malam hari,,, kita mulai ya...
[ PART 2 ] : PREPERING FOR RENDERING
step 1 |
step 2 |
step 3 |
Dannn...hoala, model seketchup kita udah masuk 3dmax, biasanya keliatan kaya gambar dibahah ini, klo diliat jadi 4 kotak layar plus ada grid2nya, klo buat aq grid cukup mengganggu, apalagi klo modelnya udah kompleks, mending ilangin aja, caranya klik layar yang mo d ilangin gridnya trus tekan huruf "G" itu shortcutnya untuk toogle grid d max,
import model dari sketcthup ke 3d max |
membuat vray physical camera |
setting kamera |
next, masuk render option (F10), trus masuk bagian (common tab), ubah image aspect ratio jadi "0.65", trus klik salah satu layar dan tekan (shift + F) buat munculin (safe frame area). liat gambar di bawah:
[ PART 3 ] : ADDING MORE
Oke, next step, abis siap2, nah sekarang waktunya lebih dalam mengeksplore model kita tadi, berhubung bangunan kita tu banyak pake material kaca, jadi otomatis si bangunan bakal munculin refleksi dari sekitarnya, maka dari itu, kita kudu tambahin beberapa bangunan d depan bangunan utama kita, supaya ada efek refleksi dari depan,
Klo aq tinggal kopi bangunan2 yang udah ada di samping2 aja ke depan, jadi ga perlu bikin baru...*irit waktu...heheh :D
Lanjut lagi, kita tambahin pepohonan deh, biar ramean dikit, sebar secara merata di bagian depan, biar ada kaya tamannya begitu,,,
di model ini ane gak banyak maen2 ama material, karena ga ada objek yang kena close up, makanya materialnya ga usah detail2 banget, cukup beberapa yang perlu aja,
1. Kaca
material kaca |
2. Frame kaca
material frame kaca |
nah, ini ni, bagian paling menentukan dari perjalanan kita menuju kesuksesan,,,*lebay, he. Langsung mulai aja ya, pencahayaan yang d gunakan d sini gak rumit2 amat koq, cuma pake vray domelight, untuk global lighting, spotlight buat pencahayaan dalam ruangan, Vray IES untuk pencahayaan outdoor, sama IBL (image based lighting untuk pencahayaan tambahan bangunan sama lighttrails) ntar d jelasin satu2 deh...
vray Dome Light
fungsinya untuk pencayahaan global, terang langit lah istilah lainnya....kali ini ane pake HDRI (Peter Gutrhie HDRI pack -2003 Dusk Blue) yang ane masukin ke vray dome light, setting valuenya kaya gambar d bawah.
klo udah coba tes render, hasilnya kurang lebih bakal jadi kek gambar di bawah ini...
Keliatan gelap yak, dan agak kebiru2an...emang kita kan ngincer suasana malem, oke lanjut lagi,
abis ini coba bikin spot light utuk d taroh d dalam bangunan utama, klo kalian pake model yang aku bikin, itu ada sekitar 30 lantai, coba letakkan spotlightnya d setiap lantai, sekitar 3-6buah tiap lantai nya secara acak,
klo udah coba tes render, hasilnya bakal kek gini lah kurang lebihnya...
sepppp...pretty nice isn't it??hahahah, oke lanjut lagi ya, o iya, berhubung kita nggak bikin bangunan plus interornya, keliatan kosong kan jadinya, dan jadi kurang asik, nah maka dari itu perlu kita akali, caranya tadi pake IBL (image based lighting)
oke ane jelasin pelan2, dengerin ya....hehheee :D
lumayan kan, little bit improvement we got right there... nah untuk bangunan sementara cukup sampai sini dulu, lanjut tambahin yang pencahayaan d sekitar bangunannnya, simple aja, ane cuma pake vray IES buat lampu jalan sama buat nerangin pohon2nya,,,
lanjut lagi, nah sekarang kita mo bikin yang beginian nie,,,,bakal kita bikin d depan gedung utama biar lebih oke dan meramaikan suasana.... ^^
langsung ke langkah2nya ya,,,cepet aja...
daaaaaaaaaaaaaannnnnn......selse sudah persiapan kita, buruan buka F10, masuk render setting, siapin setingan kita buat final renderrr....rarrrwwwrrrrr :D
nie setingan yang ane pake sedemikian rupa...
teraaaakkkhirrr banget nie...akhirnya pencet F9, yayyyyyy... :D ntar klo udah, jangan lupa d save as PNG ya....baru ntar kita masuk post pronya d photoshop....
yaayyyyyy.....yayyyy :D rendernya udah jadi,,,,bagus kan, bagus kan....wwkwkkwk :D seneng gak ama renderannya...heheheh :D
[ PART 6 ] : POST PRO
Pos pro yang ane pake ga ribet2 amat koq, cuma ngatur level, curve, color balance doangan...
ni step2nya, tapi udah di singkat ke bagian2 pentingnya aja, soalnya klo di detail bisa keriting ni jari ngetiknya... ^_^
gimanaaaa???cukup puas, apa puas banget...wkwkwk *alay...
coba deh kalian bandingin raw render ama pos pronya, jauh lebih baik lah klo boleh muji diri sendiri...heheheh
okeeee sahabat2 sekalian,,,seperti itulah proses saya membuat render gedung dengan suasana malam hari, semoga berkenan dan dapat d ambil manfaatnya....wkwkwkkw,
belajar ahhh
ReplyDeleteokeeee...silahkan,,,semoga bermanfaat...
ReplyDeleteamazing mas :D
ReplyDeletethx gan...heheh
Deletepermisi mas, kalo image buat interior gedung nya cari d mana ya? makasih sebelumnya mas
ReplyDeletedi atas kan ada bro, aq kasih juga deh kayaknya....nyomot dr sini aja...
Deletethanks for sharing masta.. mantap.. !! ane blajar dulu..
ReplyDeletesippp...hajar gan...bantu share ya klo bermanfaat :D
Delete