Beberapa waktu yang lalu Autodesk telah mengeluarkan program tambahan untuk 3DSMax 2010 yang bernama Connection Extension, Program tambahan tersebut berfungsi agar 3DSMax dapat mengimport file *.skp secara langung, sehinnga para pengguna SketchUp yang ingin memindahkan model 3d-nya ke 3DSMax untuk keperluan lebih lanjut seperti merender tidak perlu repot-repot meng-export file skp-nya ke format 3ds yang kemudian baru bisa di import ke dalam 3DSMax.
Link download :
Cara instal :
1. Donwload file dari link diatas
2. Ekstrak file yang tadi telah anda download
3. Jalankan program tersebut, dan ikuti langkah-langkah instalasi seperti biasa (NB: Pastikan anda telah menginstal progam 3DSMax 2010 32bit pada komputer anda, untuk 3DSMax 64bit belum pernah saya coba tapi kemungkinan masih bisa di pakai)
4. Setelah selesai, 3DSmax anda akan muncul tulisan "connection extension" pada bagian pojok kiri atas splash screen saat anda menjalankan program 3DSMax.
Cara Pemakaian:
1. Buka program 3DSMax,
2. Pilih File --> Import --> Pilih file SketchUp yang akan kita import (NB: Pastikan kita menyimpan file SketchUp kita ke versi 7)
b. Split Object by Layer : option ini berfungsi untuk tetap memisah-misahkan objek yang ada sesuai pada posisi layer yang telah ada dalam file SketchUp kita, dengan catatan objek tidak dalam bentuk group maupun komponen.
c. Camera : dengan mengaktifkan fungsi ini, 3DSMax akan secara otomatis mengubah tiap-tiap scene yang kita buat di SketchUp menjadi camera pada 3DSMax.
d. Daylight system : dengan mengaktifkan fungsi ini, 3DSMax akan secara otomatis mengubah seting shadow yang ada pada SketchUp menjadi seting sun+daylight pada 3DSMax.
Tips :
Tips untuk memudahkan pada saat migrasi file SketchUp ke 3DSMax adalah:
1. Hilangkan semua objek dan material yang tidak di gunakan, hal ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan plugin "PURGE" (Plugin --> Purge All atau "Shift + U".)
2. Pastikan tidak ada face yang terbalik, cara mengeceknya adalah dengan mengubah view menjadi monocrome (View --> FaceStyle --> Monocrome)
Apabila ada bagian yang berwarna biru seperti pada gambar di bawah ini, maka face tersebut di katakan terbalik dan akan menjadi masalah pada saat kita render nantinya.
cukup pilih bidang mana yang akan kita balik face/permukaannya. klik kanan --> pilih reverse face (Shift + D)
3. Pastikan save file SketchUp kita dengan versi 7.
4. Untuk memudahkan kita dalam meng-apply material ada 2 carayang dapat kita lakukan, yang pertama adalah mengubah setiap objek yang berlainan menjadi component dan memberinya nama sesuai dengan objek masing-masing, hal ini akan memudahkan kita dalam memilih objek untuk meng-aplly materialnya. Dan cara yang kedua adalah explode semua group dan component yang ada kemudian ubah mendjadi satu group atau component kembali, untuk cara apply material akan di elaskan pada tutorial-tutorial selanjutnya...
file nya corrupt nih
ReplyDeletetolong di upload ulang dong thx ^^
oke gan...segera ane replace....
ReplyDeleterequest buat yg max 2009 bisa gak?? hehehe :)
ReplyDeletekeknya baru bisa buat max 2010 x64 x86 deh gan...
ReplyDeletebang aku mau tanya , kalo kita udah ngebuat lampu vray ( misalnya rectangular light ) di sketchup trus di import ke max , apa lampu vray sketchup masih aktif ? , soalnya kan agak ribet yah masang lampu di max .
ReplyDeleteaku belum coba max ... cuma mau tau aja kekurangan dan kelebihan kedua v-ray (su-max)
ga bisa gan....soalnya beda, ntar kebacanya d max cuma rectangle biasa...jadi ya harus d bikin ulang..hohoo
ReplyDeletealamak ... pasti susah ya bang , soalnya kan tampilan max agak wireframe
ReplyDeletekan bisa di ubah gan tampilannya...kaya skecup gitu....lama2 juga bisa gan....
ReplyDeletekak aji, link downloadnya corrupt kak? udah ak download kok diekstrak tulisannya corrupt kak? terimakasih kak.
ReplyDeleteditunggu link terbarunya...
wew...dah ane cek bisa semua koq gan....
ReplyDeletelink mana yang corrupt, ntar ane segera betulin...
semuanya kakak...
ReplyDeletekok tulisannya removed gitulah kak.hehehe...
bisa diupload via mediafire kakak?
ak udah download tapi jg corrupt,,,
ak butuh ni kak untuk persiapan TA...
thanks ya kakak aji....
thanks brader saya sudah bisa...hehehe...
ReplyDeletesukses selalu untuk blognya ya...
salam architecture!!!
link yang rapid masi aktif semua koq...tinggal yang hotfile aja mati,,,
ReplyDeletecoba download aja yg dari rapid dulu...ntar ane coba upload lagi ke media api...
buat yang dah sukses, selamat berkarya aja...hohoho
Bukankah bila import menggunakan connection extention max 2010 akan ada masalah dengan units.
ReplyDeletePermasalahan units ini tidak ditemui pada max 2011.
Sy menggunakan versi yang x64 pada kedua max. Mungkin permasalahan tidak timbul untuk verxi x86.
Trims
@antok:...wah kaga pernah perhatiin ane gan....
ReplyDeleteane pake max buat render aja soalnya...modeling tetep pake sekecup...hhooho
tapi trimakasih banget buat informasinya gan....
gan yg di download yg mana nih buat 64 bit? ko linknya ga ada semua ya?
ReplyDeletemasa ga ada gan???sebentar ya ane ceknya dulu..sapa tau link nya dah pada koit...
ReplyDeletemakasi gan, sudah bisa, sy sudah coba td, apakah bisa group atau komponen yg sudah sy kerjakan di sketchup itu,jika di import dia akan tetap menjadi group nantinya di 3dsmax ? jadi kita tidak perlu lg menggroup pada 3dsmax, soalnya sy mengalami masalah yg pada hal itu trus,terimakasih gan
ReplyDeletetetep persis kaya yg ada d sekecup gan....yang ilang cuma susunn layernya aja....
ReplyDeleteyang lain bakal sama persis kek yg agan bikin d sekecup, jadi ga perlu ngegroup2 lagi...
tinggal aplly material, render dah...hohoho
wow makasi bgt ya gan, oya sorry mau nanya lagi gapapa kan. dengan catatan apa objek yg sy group di sketchup bisa mirip pada group yg di 3dsmax? makasi bgt ya agan, blognya keren..rajin deh ane ngunjungin blog ini gan,makasi gan sukses!!
ReplyDeletemaksudnya mirip gimana gan??? klo bentuk geometry nya ga bakal berubah sama sekali persis sama kaya d sekecup....dan biasanya udah berubah jadi mesh, jd klo mo d edit tinggal k moddify panel trus edit layaknya editable poly...
ReplyDeletesetau saya si begitu...he,
Begitu baca ney Artikel hatiku berbunga bunga... :DDD
ReplyDeletesemoga masalah gw selama ini bisa teratasi..
soalnya di max 2010 error2 terus pas ngimport file sketchupnya...
nice info gan... :)
ReplyDeleteminta tolong gan,,bisa di upload di mediafire,,,di rapid sulit bgt,,,
thanks...
butuh yang 2009 sieh gan??
ReplyDelete2010 tuh beratnya minta ampun rendering klo material ama pencahayaan pas mendekati real. 10 jam ane rendering.
mati link nya gan
ReplyDeleteudah ane benerin gan....tu ane tambahin catetan, max 2012 ke atas, ga perlu ini lagi, udah include sama instalannya soalnya
ReplyDeletegan link nya mati, bisa di upload lagi filenya, di link yg beda
ReplyDeletetrims
ada tekstur sketchup yg di eksport ke 3d tapi ga ke baca gmn solusi nya gan?
ReplyDeletekalo cara diatas sudah diterapkan dengan baik, kemungkinannya adalah missing textur, jadi tiap kali kita import model skp ke max dengan cara tadi, texture dari model sketchup akan ter-save di C:\Users\"username"\Documents\3dsMax\sceneassets\images, nah klo agan mindahin file max tadi ke komputer lain atau tempat lain, pada saat agan buka file maxnya pasti ada peringatan jika texture yang di pakai di file tersebut tidak ada, jadi solusinya tinggal copi texture di folder tadi, simpan d tempat baru, kemudian arahkan perintah pencarian material yang hilang tadi ke folder baru-nya agan, cukup browse aja di mana posisi folder barunya...selesai
ReplyDeletepak saya sudah mempraktekkannya tapi kok gmbarnya gak muncul,, apa skalanya ya? tlong responnya donk.. thnkz
ReplyDeletega munculnya gimana dek??? boleh liat dulu???,
Deletetexture yang di import dr sketchup ke max, ukuran, posisi, bakal tetep sama persis kaya yang keliatan d sketchup, tanpa perubahan apa2 koq...
dannnn....saya masih mas2 dek,,,belum bapak2...hahaah
Deleteini berarti cocok kalo kita modeling di su namun kita render di max,
ReplyDeletesebelumnya saya memang agak kesusahan mas, kalo mau import file su, padahal saya pake max 2013.?
bro file not found tuh
ReplyDeleteBro, mo tanya niyh... saya masih pemula di 3ds max. sebelumnya saya membuat struktur furniture di SU dan pengen rendering di 3ds max biar hasilnya bagus. setelah file saya import ke 3ds max saya gunakan vray untuk renderernya. masalahnya, waktu saya mau kasih material vray dengan permukaan HPL kulit kayu dari file bitmap yg sizenya actual di objek yg saya import tadi tapi ukuran tilingnya jadi ngaco. saya test bikin box seukuran bitmap tadi lgsung di viewport(bukan import) ukuran tilingnya pas. tpi kenapa dipasang ke objek import ukuran tiling materialnya jadi gak bener..? tolong bantu yaa..makasih sebelomnya..
ReplyDeleteNB: saya udah samain size di coordinates mappingnya sama dengan ukuran actual bitmapnya.
oke gan sudah saya coba pahami...
Deletepertama ane blm pernah ngalamin yg begituan gan, ape yg sudah ane siapin d skp selalu cocok setelah ane import,
mungkin penyebabnya tu pas agan bikin d SU, agan ngash material langsung dr luar objek yg udah jd group ape komponen, (biasakan klo ngasih material bener2 ke face nya gan,,,klo udah berbentuk group apa komponen, di open dulu...
klo langkah di atas masih belum bisa ngatasi masalah agan, agan bisa pake yg namanya uvw map di max gan,,,disitu agan bisa atur p x l x t nya texture langsung dr max nya,,,*ga perlu nyocokin ukuran pixel texturenya (browsing youtube aja gan, uvw map/unwarp uvw map
semoga membantu
kok link nya not found ya
ReplyDeleteo iya...makasih infonya...segera di perbaiki...
Deletesipp ditungguu kaakk , lagi butuh nii :'(
ReplyDeletecoba ini dek,
Deletehttp://www.mediafire.com/download/abdz51jshh26ewb/connection_extension_3dsmax.rar
bisaa kak , makasih :D
DeleteWokeeyyy (y)
Delete