Download multitextur dan floor generator srcipt disini, Klik tombol ini untuk mendownload >> download
oke udah pada donlod kan, extrak ( unzip/unrar ) file yang tadi baru di download, isi nya kaya gambar di bawah ini, o iya,
(UPDATE 8/MEI/2014)
buat yang nyari plugin floor generator buat sketchup, bisa di download dari sini [download], *login dulu ya tapi, ga punya tutorialnya tapi :p
nanti bakalan keluar windows dialog kaya gini
nah sekarang kita coba bikin lantai keramik kaya kemaren dengan cara yang lebih asik, pertama klik objek lantai kita, trus ke floor generator dialog, masukkan nilai seperti pada contoh, kemudian tekan create.
dannnnn....taraaaa, langsung jadi lantai keramik-nya, bedanya teknik ini sama yang kemaren kita praktekin itu, klo yang kemaren kita main efeknya nat pake material (bumb/displace) lha klo yang teknik ini kita pake real object, (pake geometry beneran) jadi ya efek lantainya bsa keliatan lebih real gitu,,,heheheh
oke lanjut yak,,,coba kita kasih material simple kaya kemaren, kasih reflect, fresnel standart dan coba kita render,
nahhhhh....keren kan jadinya, render timenya pun cepet ga ada satu menitan, oke balik lagi ke floor generator kita tadi, sekarang coba kita ubah parameter directionnya, parameter ini fungsinya ngatur rotasi dari tiles2 kita, coba kita ubah jadi 15 derajat.
udah terlihat kalo teksturnya udah beda kan dari yang pertama, tekturnya berputar 15 derajat, nah coba lagi ubah jadi 35 derajat, tiles nya akan berputar lebih banyak lagi dari yang pertama,
oke, next lanjut ke parameter row offset, parameter ini gunanya buat ngatur yang namanya starting point antar tiles kita, coba ubah jadi 10% nilainya, kemudian render.
paham kan semuanya sampai sini??? oke lanjut kita coba tambah nilai offsetnya jadi 30% kemudian render kembali.
oke sejauh ini penggunaan floor generator udah pada paham semua kan ya??? klo ada yang belum paham ntar tanya belakangan ya, kita coba lanjut ke materi selanjutnya. sekarang coba buka material editornya, buka material tadi ang kita pake buat keramik kita tadi, nah sekarang coba ganti slot diffuse nya dengan material tpye "multitexture"
ntar keluar dialog kaya gambar dibawah ( multi texture, ada tulisannya cg source :3 ) nah trus pilih open files>cari texture yang mau kita pake (terserah aja pilih seadanya juga, buat coba2 ini, ha ha ha) kemudian open dan render kembali (f9)
nah jadi material yang kita pake tadi sudah ter-aplly untuk lantai kita secara keseluruhan. dan menariknya, dengan satu material yang kita pilih, kita bisa membuat efek random pada material kita, jadi multitexture bisa memberikan output gama yang beda2 tiap map di tiap tiles nya *bingung??? sama, yang njelasin juga bingung, mending coba aja langsung,,,wkwkkw. coba kita ubah random gama-nya dari 0 ke 0.5, kemudian tekan render liat apa yang terjadi :3
tambah ciamik kan ya,,,iya kan iya kan...wkwkwkw, tapi ga sampai disini aja, kelebihan dari combo floor generator dan multi texture itu ada di random placement materialnya, ayo kita coba sama2 ya, buka kembali multi texture nya, sekarang open beberapa material secara bersamaan.
klo udah kita coba render kembali,
mantaaapppppp!!!!, gak cuma bisa distribute random gamma, tapi random material juga, jika belum puas dengan peletakan material2nya, kita bisa ubah susunan random materialnya dengan mengubah nilai dari "seed"-nya
nah susunanya udah berubah kan, klo dirasa2 masih kurang puas bisa kamu ubah2 terus seednya sampe puas dihati, haahhaha, penggunaan multitexture itu sama aja kaya pas kita lagi pake bitmap biasa, jadi bisa di tambah macam2 efek kaya glossines, bumb, dll. nah coba deh kita kasih glossines kaya pas tempo dulu,
dan coba render kembali dengan menggunakan material yang tadi kita pake
sementara cukup ya sampai sini untuk lantai keramiknya, sekarang kita coba bikin lantai parket kayu, :3
hapus lagi tiles yang baru kita bikin tadi, launch floor generator script nya, nah trus coba bikin dengan panjang board bervariasi antara 120~30cm dan lebar fix 12cm, and then create
trus buat satu material lagi (vray material) gunakan multitexture pada diffuse map nya, ambil beberapa teksture board kaya gambar dibawah,
kemudian render kembali,
eh, tapi kayaknya lebih bagus klo kita randomkan sedikit gamma-nya, ubah gamma +/- jadi 0.25 trus render kembali.
ahahhaha,,,,asik asik asik, sampe sini keren kan..??? sekarang kita tambah efek gloss plus bumb, o iya, untuk map bumb nya, cukup kopi aja dari slot map diffuse, trus paste ke slot bumb (pastikan paste 'copy' yang di pilih) trus balikin random gamanya ke 0. nah kita lihat hasilnya kek gimana...
udahan dulu ah,,,,capek juga euy ternyata ngetik2, wkwkkw, sampai jumpa lain waktu kawan,,,klo ada yang masih bingung2 mengenai materia di atas, comment aja di bawah atau hubungi aq langsung juga boleh...
t + WA : +62 856 4047 9014 email : marsetyo14@gmail.com
twitter : @MarsetyoAji
untuk texturing sendiri harus objek di buat dari floor generator ya om? apa bisa juga untuk objek yg di luar script tersebut bisa di mapping menggunakan multitexture?
ReplyDeletehuehuehue,,,pertanyaan bagus ini, sebenernya bisa buat objeck lain selain yang kita create pake floor generator, soalnya multitexture itu nge-random materialnya pake 3 cara, material id, object sama bearcon tile,
Deletejadi selama objek nya memenuhi salah satu tadi, bisa koq ngrandom material pake multitexture...
kang , itu kan set yg dimasukin angka2 pas di floor generator nya satuan (cm) , nah kalo masukin pke satuan meter ko ga kuat ya . max nya jadi bugsplat ..
ReplyDeleteaq ga pernah pake meter satuannya,,,selalu pake cm, biasanya sih oke aja gan,,,jarang ngebug koq klo max >2013
Deletemantap gan.... tutor skechupnya ad gak gan,,,
ReplyDeletesoalnya ane pake skechup..
trimks
sketchup blm ada tutornya gan...tapi update minggu ini udah ada plugin yang mirip florr generatornya max
Deletenie link nya http://sketchucation.com/forums/viewtopic.php?f=323&t=57424
emang masih komplit max sih fiturnya,,,tapi basicnya udah dapet lah
itu floor generator nya buat max versi 2011 bisa kah
ReplyDeletebisa mas
Deletegan ane udah download multitextur dan floor generator srcipt,udah ane pindah di data c juga,tapi ko ane coba ga ada floor generatornya ya di 3d maxnya???
ReplyDeletemohon bantuannya
keren....thx infonya
ReplyDelete