UPDATE: 9 Juni 2014
buat yang nyari floor generator buat SU
http://sketchucation.com/forums/viewtopic.php?f=323&t=57424
login dulu ya...
haaaaiiiii semuaaaa,,,,assalamualaiku, salah sejahtera,,,,lama nih gak mampir kemari ane, ahhaahha, blog nganggur 3 bulan lebih, *cape dehhh –__--“
oke langsung aja, material keramik tu gampang pake banget, banyak cara, trik dan metode yang bisa di terapin, nah kali ini ane bakal bongkar abis semua tekniknya baik di sketchup ataupun di 3dmax…nah lho, mantap kan, hahah :D
oke next, buka material editornya vray, ada di toolbars vray, icon nya biasanya lingkaran kuning ada tulisannya “M”, o iya, aq di sini pake vray 2.00 for sketchup, klo ada yang belum pake, mending pake yang versi ini aja, lebih cepet, [download vray 2.00 for sketchup]
tunggu sebentar, ga ada 2 menit ngerendernya, tapi tergantung kompi juga sih bisa2 ga ada 10s klo kompinya dewa, wkwkwkw….nah klo udah dirender, hasilnya bakal jadi kaya gini, di komputer ane rendernya makan waktu 1m 41.2s.
so, selanjutnya kita coba main2 sama yang namanya bumb, bumb itu fungsinya memberikan kesan timbul pada suatu material, penjelasan lengkapnya kapan2 aja lah ya, intinya klo di kasus kita kali ini bumb itu fungsinya buat mbedain nat keramik sama keramiknya, cara nya gini, buka material editornya dolo, nah di bagian bawah2 ada option bumb, copa di klik kotak yang ada tulisannya “m”
klo udah, ntar keliatan kaya gambar di bawah, di bawah kotak preview warna item itu, coba kalian pilih TexBitmap, nah trus ngikut kaya gambar di bawah, klik kotak yang ada disebelahnya “file” ntar di suruh nyari bitmapnya, klo udah ketemu tempat filenya, klik open.
klo udah, coba di render,
nah keliatan udah agak berbeda antara render yang awal yang tanpa bumb map, dan renderan yang kedua ini yang pake bumb map. nah kalian coba2 ubah nilai bump map-nya, liat bagaimana hasilnya,,,uji coba sendiri, pokoknya intinya semakin gede nilai bumb nya, maka semakin berkontur material nya…
nah analoginya kaya gambar diatas, bumb map itu gampangannya itu memberikan ketinggian pada suatu gambar berdasarkan warna yang dimilikinya. fitur ini membaca dari grade putih sampai hitam dalam artian, putih tidak meiliki ketinggian, dan hitam memiliki ketinggian, semakin tinggi nilai bumbnya semakin tinggi juga perbedaan ketinggian atara yang berwarna putih dan yang berwarna hitam.
oke next ya, selanjutnya kita coba tambahin reflection map, biar lantai kita keliatan kinclong kaya abis di pel, oke stepnya gampang aja begini, pertama pilih material yang mau kita tambahi reflection, trus klik kanan>create material>pilih option yang reflection. *liat gambar dibawah
nah, simpel aja gitu, coba sekarang render, liat hasilnya jadi kaya gimana lantainya :D.
oke kita coba tambah intensitas reflectionnya ya, pertama masuk material editor trus buka material kita tadi yang kita kasih reflection. di bagian general ada option reflection, yang sebelah kanannya ada icon kotak warna biru yang tulisannya “M”, klik icon itu. nanti keluar window baru kaya gambar dibawah
nah klo udah keluar yang namanya textur editor coba ubah IOR sama refract IOR nya jadi 2.55 trus coba render lagi.
nah klo yang di bawah ini IORnya aq ganti jadi 8 nilainya. semakin tinggi intensitas IOR yang kita pake, semakin tinggi juga intesitas pantulan yang dihasilkan.
oke next lagi ya, kita pindah ke option Glossines. masuk lagi ke layer reflection, dibawah tab general, temen2 akan liat tab lagi yang namanya glossines, penjelasannya aq wakilik gambar aja ya,,,jadi kira2 begini
nilai standartnya untuk kedua option ini adalah 1, yang artinya pantulan yang akan dihasilkan akan sempurna, dan tajam. dan apabila nilainya dibawah 1, pantulannya akan menjadi buram/kabur. dan nilai 0 pantulan yang akan dihasilkan akan 100% kabur. jika kalian pengin mendapatkan pantulan pada material gunakan nilai antara 1-0,5. karena nilai dibawah 0,5 efeknya sama seperti tidak memiliki pantulan sama sekali,
sekarang kita coba turunin nilai reflection glossines jadi 0,9 trus render.
anddddd,,,,bisa diliat pantulan yang dihasilkan tidak setajam gambar yang kita render sebelumnya. dan gambar dibawah ini menggunakan nilai reflection glossines 0,6. pantulan yang dihasilkan hampir2 tidak terlihat jelas, karena sesuai yang udah aq bahas tadi, reflection glossiness <0,5 akan sama dengan tidak ada pantulan sama sekali.
suipppppp….sampe sini mudeng semua kan,simple bgt koq… OOOKEEEEEE,,,next post kita bahas buat para pecinta max yeee,,,kali ini sekian dulu...lanjut kalo sempet,,wkwkwkwkw
klo ada yang mau ditanyakan, mau dibantu renderin buat proyek, tugas dll...fell free to contact me yaaa...
t + WA : +62 856 4047 9014
email : marsetyo14@gmail.com
Makasih bnyakk,, sngat bermanfaat ilmunya..
ReplyDeletemakasih ya mas.. bermanfaat banget bikin lg dong yg lainya
ReplyDeleteHatur Nuhun, ketemu juga caranya.
ReplyDeletewah susah juga ya
ReplyDelete====================================
Kubah Masjd Murah hanya ada di, Mahkota Kubah dot net
or free backlink4u click on INDpati
kalau kasih efek reglection di skethup menunya dimana ya mas?
ReplyDeleteSangat detail penjelasannya, hatur nuhun kang,,
ReplyDeleteMakasih master ilmunya, kalau untuk material kaca gimana ya?
ReplyDeleteMakasih tutornya gan, sangat bermanfaat
ReplyDeletecara biar render gk nois gmna ya
ReplyDelete