- Jangan pake QMC/DMC sebagai primary engine GI, hasil dari QMC/DMC paling akurat dari pada engine lain, tapi paling lama diantara yang lain.
- Klo kita pake IR (irradiance map) pake (-4,-3) buat max ama min ratenya, trus pake 15 buat HSph-nya...ane jamin render agan bakal lebih kenceng, tapi bakal ada "kebocoran cahaya" di sana-sini....klo buat final render kita bisa pake nilai lebih tinggi misal (-3,0) HSph:50
- Pake light chace sebagai secondary engine nya...ubah subdiv-nya jadi 200,
- Adaptive Subdivision lebih kenceng dari Adaptive QMC, tapi adaptive subdive ga di anjurkan klo kita pake effect DOF.
- matikan juga antialiasing filternya...pake pas Final render aja
- Bump lebih gampang dipake dari pada displacement map, lebih cepet juga (pake displacement map klo bener2 butuh aja)
- pas mo ngrender Final...sebaiknya restrat kompi kita dulu
- selalu bersihkan model skethcup kita dari material ama komponent2 yang dah ga kepakai (bisa pake plugin "PURGE" ato "CLEANUP", ada di koleksi plugin ane, klik untuk download)
- klo bisa jagan kebanyakan pake group di dalam group...coz itu bikin proses persiapan render jadi tambah lama.
- translucent material = laaaaaaaaaammmmmmmaaaaaaaaaaaaa.......
- matikan shadow dari sketchup pas mo render.
- pastikan buat scene dulu biar pas mo ngerender ga usah ngatur2 view kamera lagi
- klo mo render pada bagian2 tertentu, pake render region aja itu jauh lebih cepet ketimbang render semua bagian.
- pake output kecil2 aja, misal 400x300pixel...lebih hemat waktu dari pada pake 1600x1200pixel
semoga bermanfaat...keep rendering (jangan lupa sediain kopi ama cemilan buat ngisi waktu sembari ngerender...wkwkwkwkkw)
mantabb... tengkyu banget masbro.... ijin menyerap ilmunya ya...
ReplyDeleteThank u mas bro, sbg pemula dibidang render-renderan ini, saya sangat terbantu.
ReplyDeletesenang bisa bantu om,,,blm sempet update blog lagiii :D
ReplyDelete