'relinkjdulx' href='"+relurls[D]+"' target='_top'>"+reljudul[D]+"";q+=""+relcuplikan[D]+"";q+="";document.write(q);r++;if(r==relmaxtampil){break}}if(D

[TUTORIAL] Material Lantai Dengan Floor Generator & Multitexture

vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

yap yap, assalamu'alayikum...selamat pagi, mumpung lagi produktif2nya ngeblog (ga ada kerjaan baik pribadi atau kantor juga, hiks hiks) tapi ga apa...mumpung ga ada kerjaan bisa ngepost lagi :3

materi kita kali ini menarik nie, pokoknya asik, mulai aja ya langsung...

pertama2 kita butuh plugin dan script tambahan untuk 3dsmax kita, multitextur dan floor generator srcipt,

Download multitextur dan floor generator srcipt disini, Klik tombol ini untuk mendownload >> download

oke udah pada donlod kan, extrak ( unzip/unrar ) file yang tadi baru di download, isi nya kaya gambar di bawah ini, o iya, 


(UPDATE 8/MEI/2014)
buat yang nyari plugin floor generator buat sketchup, bisa di download dari sini [download], *login dulu ya tapi, ga punya tutorialnya tapi :p

vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

nah trus pilih salah satu multitexture plugin sesuai dengan versi 3dsmax yang kalian pake, kebetulan aq pakenya max13 di windows 64bit, jadi aq pilih MultiTexture_max2013_64.dlt. nah copy file tersebut, trus paste di "C:\Program Files\Autodesk\3ds Max 2013\stdplugs" kaya gambar dibawah.

vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

oke udah semua ya, sekarang buka 3dsmaxnya, trus buka file latihan ini (download file latihan), 

vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

next, kita coba bikin lantai keramik seperti kemaren, tapi kali ini kita pake floor generator script (bakalan pada demen nie ama nie script, ha ha ha. nah cara pakenya itu gini, pilih MaxScript>RunScript trus pilih floor generator tadi yang barusan kita ekstrak/unzip trus open.


vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

nanti bakalan keluar windows dialog kaya gini

vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

nah sekarang kita coba bikin lantai keramik kaya kemaren dengan cara yang lebih asik, pertama klik objek lantai kita, trus ke floor generator dialog, masukkan nilai seperti pada contoh, kemudian tekan create.

vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

 dannnnn....taraaaa, langsung jadi lantai keramik-nya, bedanya teknik ini sama yang kemaren kita praktekin itu, klo yang kemaren kita main efeknya nat pake material (bumb/displace) lha klo yang teknik ini kita pake real object, (pake geometry beneran) jadi ya efek lantainya bsa keliatan lebih real gitu,,,heheheh

oke lanjut yak,,,coba kita kasih material simple kaya kemaren, kasih reflect, fresnel standart dan coba kita render, 


vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

nahhhhh....keren kan jadinya, render timenya pun cepet ga ada satu menitan, oke balik lagi ke floor generator kita tadi, sekarang coba kita ubah parameter directionnya, parameter ini fungsinya ngatur rotasi dari tiles2 kita, coba kita ubah jadi 15 derajat.


vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

udah terlihat kalo teksturnya udah beda kan dari yang pertama, tekturnya berputar 15 derajat, nah coba lagi ubah jadi 35 derajat, tiles nya akan berputar lebih banyak lagi dari yang pertama,


vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

oke, next lanjut ke parameter row offset, parameter ini gunanya buat ngatur yang namanya starting point antar tiles kita, coba ubah jadi 10% nilainya, kemudian render.

vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

paham kan semuanya sampai sini??? oke lanjut kita coba tambah nilai offsetnya jadi 30% kemudian render kembali.


vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

oke sejauh ini penggunaan floor generator udah pada paham semua kan ya??? klo ada yang belum paham ntar tanya belakangan ya, kita coba lanjut ke materi selanjutnya. sekarang coba buka material editornya, buka material tadi ang kita pake buat keramik kita tadi, nah sekarang coba ganti slot diffuse nya dengan material tpye "multitexture"


vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

ntar keluar dialog kaya gambar dibawah ( multi texture, ada tulisannya cg source :3 ) nah trus pilih open files>cari texture yang mau kita pake (terserah aja pilih seadanya juga, buat coba2 ini, ha ha ha) kemudian open dan render kembali (f9)


vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator
vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

nah jadi material yang kita pake tadi sudah ter-aplly untuk lantai kita secara keseluruhan. dan menariknya, dengan satu material yang kita pilih, kita bisa membuat efek random pada material kita, jadi multitexture bisa memberikan output gama yang beda2 tiap map di tiap tiles nya *bingung??? sama, yang njelasin juga bingung, mending coba aja langsung,,,wkwkkw. coba kita ubah random gama-nya dari 0 ke 0.5, kemudian tekan render liat apa yang terjadi :3


vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

tambah ciamik kan ya,,,iya kan iya kan...wkwkwkw, tapi ga sampai disini aja, kelebihan dari combo floor generator dan multi texture itu ada di random placement materialnya, ayo kita coba sama2 ya, buka kembali multi texture nya, sekarang open beberapa material secara bersamaan.


vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

klo udah kita coba render kembali, 


vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

mantaaapppppp!!!!, gak cuma bisa distribute random gamma, tapi random material juga, jika belum puas dengan peletakan material2nya, kita bisa ubah susunan random materialnya dengan mengubah nilai dari "seed"-nya


vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

nah susunanya udah berubah kan, klo dirasa2 masih kurang puas bisa kamu ubah2 terus seednya sampe puas dihati, haahhaha, penggunaan multitexture itu sama aja kaya pas kita lagi pake bitmap biasa, jadi bisa di tambah macam2 efek kaya glossines, bumb, dll. nah coba deh kita kasih glossines kaya pas tempo dulu,

vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator
even better??/not??? hahhahaha,,,,mantab lah ya pokoknya...lanjut yaaa, floor generator juga bisa bikin ukuran tilenya beda2, gak cuma materal nya aja yang random, tapi ukuran tiles nya juga bisa random (yang penting hatimu aja yang ga random, wkwkwkkw) kita coba ya, hapus tiles yang kita bikin, create yang baru, tapi kali ini value length sama width nya jangan kita lock, unlock kemudian coba tulis kan nilai minimum dan maksimum ukurannya, aq coba pake max=40 dan min=20



dan coba render kembali dengan menggunakan material yang tadi kita pake


vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

sementara cukup ya sampai sini untuk lantai keramiknya, sekarang kita coba bikin lantai parket kayu, :3
hapus lagi tiles yang baru kita bikin tadi, launch floor generator script nya, nah trus coba bikin dengan panjang board bervariasi antara 120~30cm dan lebar fix 12cm, and then create



trus buat satu material lagi (vray material) gunakan multitexture pada diffuse map nya, ambil beberapa teksture board kaya gambar dibawah, 


vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

kemudian render kembali,

vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

eh, tapi kayaknya lebih bagus klo kita randomkan sedikit gamma-nya, ubah gamma +/- jadi 0.25 trus render kembali.

vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator

 ahahhaha,,,,asik asik asik, sampe sini keren kan..??? sekarang kita tambah efek gloss plus bumb, o iya, untuk map bumb nya, cukup kopi aja dari slot map diffuse, trus paste ke slot bumb (pastikan paste 'copy' yang di pilih) trus balikin random gamanya ke 0. nah kita lihat hasilnya kek gimana...


wohohohohohoh....ga nyesel kan dateng ke sini, in sha Allah pasti dapet ilmu baru, (klo ga dapet brati udah lebih dewa ilmunya ketimbang aq nya...wkwkwk :D)
tapi boooo,,, masih ada satu jurus yang kesisa nih dari floor generator, yaitu 'tilt'. nah biasanya klo tukang kan masang parket, masang ubin, keramik dll jarang rata banget, pasti ada yang ketinggian, apa meleset dsb, nah fungsi parameter 'tilt' itu untuk menciptakan efek itu, jadi renderan kita bakal kerasa lebih oke lagi, lebih mendekati real, valuenya ga usah tinggi2, dibawah 1 atau 0.5 juga oke, tapi ini aq coba valuenya 1 biar lebih keliatan efeknya aja...

vray, max, sketchup, modeling, plugin, render, texture, floor generator


udahan dulu ah,,,,capek juga euy ternyata ngetik2, wkwkkw, sampai jumpa lain waktu kawan,,,klo ada yang masih bingung2 mengenai materia di atas, comment aja di bawah atau hubungi aq langsung juga boleh...

t + WA : +62 856 4047 9014 email : marsetyo14@gmail.com
twitter : @MarsetyoAji








10 Comments

  1. untuk texturing sendiri harus objek di buat dari floor generator ya om? apa bisa juga untuk objek yg di luar script tersebut bisa di mapping menggunakan multitexture?

    ReplyDelete
    Replies
    1. huehuehue,,,pertanyaan bagus ini, sebenernya bisa buat objeck lain selain yang kita create pake floor generator, soalnya multitexture itu nge-random materialnya pake 3 cara, material id, object sama bearcon tile,

      jadi selama objek nya memenuhi salah satu tadi, bisa koq ngrandom material pake multitexture...

      Delete
  2. kang , itu kan set yg dimasukin angka2 pas di floor generator nya satuan (cm) , nah kalo masukin pke satuan meter ko ga kuat ya . max nya jadi bugsplat ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aq ga pernah pake meter satuannya,,,selalu pake cm, biasanya sih oke aja gan,,,jarang ngebug koq klo max >2013

      Delete
  3. mantap gan.... tutor skechupnya ad gak gan,,,
    soalnya ane pake skechup..
    trimks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sketchup blm ada tutornya gan...tapi update minggu ini udah ada plugin yang mirip florr generatornya max

      nie link nya http://sketchucation.com/forums/viewtopic.php?f=323&t=57424

      emang masih komplit max sih fiturnya,,,tapi basicnya udah dapet lah

      Delete
  4. itu floor generator nya buat max versi 2011 bisa kah

    ReplyDelete
  5. gan ane udah download multitextur dan floor generator srcipt,udah ane pindah di data c juga,tapi ko ane coba ga ada floor generatornya ya di 3d maxnya???
    mohon bantuannya

    ReplyDelete