penulis:
Studio yang ada di Berlin ini telah berdiri dari tahun 2006 gan, Xoio didirikan sama Peter Stulz and Lasse Rode. Doi khusus menangani proyek2 Arsitektur dan desain produk. nah kali ini doi ngasih tutorial gratis tentang rendering exterior dengan menggunakan vray sama 3dmax.
oke mulai aja ya, ane coba transletin tutorialnya doi.
Software yang dipake buat bikin tutorial render sama studio xoio.
- 3d Studio Max 2012
- VRay 2.1
- Forest Pack Pro
- PSD Manager
- Exlevel’s GrowFX
- Photoshop
untuk lebih mempermudah, xoio pake 3 gambar dibawah ini untuk menjelaskan point2 pentingnya. xoio nunjukin 3 skema pencahayan yang sering mereka pake.
xoio membuat model ini setelah melakukan beberapa riset tentang model yang akan dibuatnya. xoio mengumpulkan data2 tentang site, bentuk lahan, macam2 tanaman yang bisa didapat baik di buku ataupun di media online
Doi juga dapet model kasarnya di web, yang bisa membantu untuk lebih mengerti tentang bangunan yang akan di buatnya.
xoio memakai furnitur2 untuk mengisi bangunan dari model 3d dari project2 sebelumnya yang udah pernah dikerjakan oleh mereka, jadi ini bisa menghemat waktu, secara untuk render exterior tidak memerlukan detail banget untuk interiornya.
Setelah doi selse bikin modeling bangunannya, doi mulai memilih2 perspektif yang dianggap pas dan menarik, ini sangat penting untuk menghasilkan render yang berkualitas, pelajari juga tentang
rule of the third
Doi membuat beberapa experimen untuk membuat modeling rumput, baik caranya agar efektif dan efisien dan juga tetep terlihat real, tujuannya adalah untuk membuat rendring rumput yang tidak banyak memakan RAM dan cepat renderingnya.
menurut doi, menggunakan Forest Pack Pro plugin dengan 2 tahap adalah yang paling efisien. oke doi njelasin step2 nya begini.
1. doi bikin 4 macam tipe rumput yang berbeda tapi identik di dalam spline berbentuk lingkaran yang masing2 berisi 4-6 model rumput yang berbeda.
tiap kelompok punya karakter rumput yang beda2, ada yang tinggi, pendek, dan macem2. trus doi juga manbahin elemen2 lain selain rumput, seperti daun, tanaman kecil, biar suasananya nggak monoton.
Dan gambar dibawah ini adalah seting Forestpack yang dipake sama doi.
dan tahap kedua pake lagi forestpacknya untuk nyebarin object2 tadi di scene. doi udah nyoba beberapa teknik nyebarin rumput2 ini, dan doi nemu klo penyebaran yang doi suka adalah penyebaran yang ga bener2 random, tapi penyebaran dalam bentuk cluster.
seting yang dipake sangat basic, katanya :D
dan bisa dilihat penyebaran dengan sistem cluster sangatlah bagus.
kebanyakan dari pohon yang doi pake di scene ini adalah pohon yang dibuat sendiri menggunakan Exlevel’s GrowFX plugin for 3dsmax. Xoio membuat pohon2 utama untuk scene ini berupa pohon maple dan oak.
dan ini contoh dari pohon hasil buatan doi,
dan ini setelah di tambahkan di dalam scene.
pohon yang ada di foreground, ga dibuak pake forest pack, itu manual ditempatin di situ oleh doi, supaya lebih sesuai denganapa yang doi pengin.
dibawah ini gambar penyebaran pohon klo dilihat dari atas.
texturing yang dipake doi katanya ga ada yang spesial2 banget, mungkin karena render exterior, dan ga ada scene closeup-nya, jadi material ga terlalu dibahas.
KUNJUNGI JUGA tutorial sketchup bahasa indonesia
01. tutorial sketchup bahasa indonesia-instalsi sketchup pro 2014
02. tutorial sketchup bahasa indonesia-UI dan Toolsbar
03. tutorial sketchup bahasa indonesia-Selection Tools
04. tutorial sketchup bahasa indonesia-System Preferences
01. tutorial render interior vray-corner workspace
0 Comment " Tutorial Render Exterior - Making of Tugendhat House by Lasse Rode - Bagian1 "
Post a Comment