'relinkjdulx' href='"+relurls[D]+"' target='_top'>"+reljudul[D]+"";q+=""+relcuplikan[D]+"";q+="";document.write(q);r++;if(r==relmaxtampil){break}}if(D

Tutorial Render Exterior - Making of Tugendhat House by Lasse Rode - Bagian 2

tutorial-render-exterior-making-of-tugendhat-house-by-lasse-rode-xoio

THE SNOW
Doi juga bikin satu scene lagi untuk model ini, yaitu view dari jalan dengan suasana bersalju. untuk membuat saljunya, doi cuma pake texture salju sebagai vray displacement di beberapa plane yang berbeda yang diletakkan di BAWAH jalan, trotoar, dan beberapa element lainnya.

kenapa diletakan DIBAWAH?

doi bilang supaya kita bisa dapet efek salju yang berbeda2 di setiap spot2 yang berbeda juga, sehingga efek yang dihasilkan lebih bagus, bukan metode yang bener2 bener -_-' (ini agak absurd nie..hahah ) tapi doi bilang, it works!


dan doi bilang juga klo salju2 yang ada dipohon2 tu caranya kopi keatas sekitar 2cm dan kasih material yang kaya di gambar di bawah ini. doi sukanya pake teknik yang simple2 aja soalnya


buat material saljunya doi pake map seperti gambar dibawah ini.

THE DIRT
Doi juga pake teknik Dirt juga. tekniknya begini.

tahap pertama, ubah semua material yang mo ada efek leaking sama dirt2nya jadi vray blend material. trus material yang mo di pake jadi base materialnya itu bisa pake material yang masih bersih, maksudnya ga ada dirt, atau efek leakingnya, skemanya bisa diliat kaya gambar dibawah.


keliatan rumit sih ya, tapi klo udah bisa, ini teknik yan sangat bagus untuk ningkatin skill texturing temen2.

trus tahap duanya, dengan menambahkan vray dirt map, sebagai extra texture di render element. masuk render option> render elemen> tambahkan channel vrayextratex trus masukan vray dirt di dalam vrayextratex.

detailnya bisa diliat di gambar dibawah.



dan doi biasa nambahin texture kek gambar dibawah untuk memperkuat efek dirtnya.


 THE COLORS
ini adalah elemen yang paling penting menurut doi, coloring.
membuat warna yang tepat untuk material (setelah pencahayaan di seting) adalah elemen utama untuk mendapatkan hasil render yang lebih baik. di kasus scene ini doi meluangkan banyak waktu untuk material rumputnya, doi ingin rumputnya tidak terlalu hijau atau malah kebiru2an. terlalu hijau akan terlihat kurang realistik, dan akhirnya doi menyimpulkan kalo rumput yang agak ke kuning2an adalah yang paling baik.



THE LIGHTING
seperti yang telah doi bilang di awal, doi bikin 3 skema pencahayaan yang berbeda.

1. Scene bersalju menggunakan vray sun and sky
2. Autum white sky menggunakan Spherical HDRI
3. Perspektif Exterior menggunakan gabungan antara vray sun dan spherical HDRI


di scene yang bersalju bisa dilihat langit cerah yang biru dengan bayangan yang tajam dari vray sun.

dan untuk autum scene, xoio menggunakan HDRI map yang di masukkan ke dome light. tutorial tentang HDRI ini bisa di dapat di tutorial yang pernah di buat oleh ronen atau peter guthrie

   
seringkali, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kuncinya adalah dengan sebsa mungkin untuk tidak mengedit file HDRI tersebut, atau sedikit mungkin melakukan perubahan pada parameter2 HDRInya, ubah dan atur lah seting dari cameranya saja.

katanya doi, render seting yang doi pake ga ada yang special2 banget, (ga spesial-nya yang udah kelas studio internasional mah terep spesial aja buat ane, k k k :D)


seperti yang udah doi bilang di atas, ndapeting warna yang 'bener' adalah yang paling penting. memang tentunya hasil akhirnya bisa dikombinasikan di Photoshop atau AfterEffect lewat post production, tapi doi ingin sebisa mungkin udah perfect lewat 3D aja (butuh tantangan katanya doi :D)

gambar dibawah adalah hasil render perspektif view dari halaman.


setelah dirt layer di aplikasikan, dan mengatur warna lewat color-corection, contrast, hue, gambar akhirnya seperti gambar dibawah ini


dan terakhir doi coba jelasin untuk yang scene terakhir seperti gambar dibawah.


gambar di atas hasil dari raw render


dan yang ini setelah aplly dirt channel + screen layer di PS agar terlihat lebih terang.


dan yang terakhir menambahkan contrast dan mengatur brightness sedikit penyesuaian lewat color correction.

oke itu udah semua arahan dari doi,semoga bisa bantu teman2 nambah ilmu rendernya,

Best regards dari doi :D
Lasse Rode, xoio

jangan lupa share yak. kunjungi juga channel youtube ane untuk dapet tutorial sketchup bahasa indonesia terbaru.

sampai jumba di artikel berikutnya :D, caoo :D

original post : Ronen Bekerman : Making of Tugendhat House by Lasse Rode

KUNJUNGI JUGA tutorial sketchup bahasa indonesia

0 Comment " Tutorial Render Exterior - Making of Tugendhat House by Lasse Rode - Bagian 2 "

Post a Comment